Laman

Rabu, 17 September 2014

Budaya,Ciri Khas,Makanan Kediri

KESENIAN

 Di Kabupaten Kediri terdapat beberapa kesenian Jaranan yang dapat dinikmati diantaranya Jaranan Senterewe, Jaranan Pegon, Jaranan Dor, dan Jaranan Jowo. Jaranan Jowo merupakan salah satu kesenian Jaranan yang mengandung unsur magis dalam tariannya. Dimana pada puncaknya penari akan mengalami (kesurupan) dan melakukan aksi berbahaya yang terkadang di luar akal manusia.
Sedangkan Jaranan Dor,Jaranan Pegon,dan Jaranan Senterewe lebih mengedepan kan kreatifitas gerak dengan iringan musik yang dinamis.Jaranan Senterewe merupakan jaranan yang digemari,karena dalam penampilannya selalu disertai hiburan lagu-lagu yang bernada diatonis.Seluruh kesenian jaranandi Kabupaten Kediri berada di bawah naungan Paguyuban Seni Jaranan Kabupaten Kediri.Kesenian Jaranan biasanya banyak di gelar pada bulan syuro dan pada saat bersih desa atau yg sering di sebut (Bersih deso).Kesenian jaranan di gemari oleh banyak masyarakat dari kalangan dewasa hingga anak-anak.Pertunjukan jaranan di juga di mainkan oleh anak-anak.Jaranan merupakan kesenian khas dan sangat populer di Kabupaten Kediri,penarinya menung gang kuda yang terbuat dari anyaman bambu,dan diiringi musik gamelan,beberapa penari lain menggunakan bentuk caplokan dan celeng.
Dalam Kesenian Jaranan ini terdapat sebuah atraksi yang banyak digemari oleh penonton,salah satu diantaranya adalah ketika pemain jaranan sedang mengalami kesurupandan menampilkan atraksi yang tidak bisa dinalar oleh akal manusia.



Gethuk Pisang, Asli Kota Kediri 

 "Gethuk Gedhang'' adalah salah satu makanan khas dari kota Kediri Jawa Timur Olahan dari pisang ini rasanya manis legit dan dibungkus dengan daun pisang mirip lontong. Sesuai dengan namanya, Gethuk Pisang bahan pokoknya dari buah pisang Dibentuk bulat lonjong dengan panjang antara 15  sampai 20 cm dan diameter antara 5 sampai 8 cm.Warnanya merah kecoklatan, kenyal tidak terlalu lembek dan juga tidak begitu keras Cara membuatnya pun terbilang cukup sederhana. Biasanya dipilih pisang raja nangka yang masih setengah matang.Keistimewaan pisang raja nangka adalah aromanya yang khas,yakni perpaduan antara rasa asam dan manis alami.

TAHU POO, Asli Kediri

Singgah ke kota Kediri jangan sampai terlewatkan membeli tahu kuning atau tahu takwa? Mau tahu kenapa? Karena kota Kediri merupakan salah satu kota produsen tahu, dan tak perlu diragukan lagi kalo tahu buatan kota ini memang cukup enak. Tahu takwa atau lebih dikenal dengan tahu kuning. Selain itu ada juga tahu pong, jenis tahu ini seperti tahu gejrot atau tahu sumedang, dikenal dengan nama tahu pong karena jenis tahu ini jika digoreng akan mengembung dan tengahnya kosong atau dalam bahasa Jawa disebut kopong. Olahan tahu lainnya yaitu kerupuk dan stik tahu yang juga terkenal sebagai camilan dan oleh-oleh karena rasanya yang cukup lezat.

 Simpang Lima Gumul, Kediri

 Monumen Kediri yang bentuknya menyerupai L'arch D'Triomphe yang ada di Prancis tersebut berdiri megah di tengah-tengah persimpangan  Lima Gumul - Kediri yang menjadi tiang pancang pengembangan kawasan Simpang Lima Gumul menjadi kawasan kota baru di Kabupaten Kediri.Bedanya,Monumen ini memiliki spirit berdirinya kabupaten Kediri sehingga monumen ini diposisikan tepat di tengah jalur lima jalan arah Pare,Kediri,Plosoklaten,Pesantren,dan Menang.Monumen yang yang memiliki luas bangunan 804 meter persegi,ditumpu 3 tangga  3 meter dari dasar pura ,tinggi 25 meter sehingga jika kita berada di atap monumen dapat kita lihat keseluruhan panorama Kediri.Disisi monumen ini terdapat relief-relief tentang sejarah Kediri higga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang.Angkaluas dan tinggi monumen ini mencerminkan tanggal,bulan,dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri,25 Maret 804 Masehi.  

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar